Industrial and Sectoral Envinronment

Indonesia saat ini merupakan Negara berkembang yang menempati peringkat ke 10 dari 20 Negara berkembang terbaik untuk tujuan investasi dengan Proyeksi pertumbuhan PDB dalam 5 tahun kedepan mencapai 31,3%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 6,23% di tahun 2012 dimana pada saat yang bersamaan terjadi krisis di Amerika dan Eropa menjadi bukti bahwa perkembangan perekonomian Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Indonesia menjadi satu diantara sedikit negara yang tidak terpengaruh oleh krisis yang terjadi di Amerika dan Eropa menjadikan pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih stabil dari tahun ke tahun.
Menurut laporan Mc Kinsey (2012), Indonesia menempati posisi ke16 negara dengan perekonomian terbesar di dunia dengan 45 juta anggota konsumsi dunia dan 53% populasi penduduk kota sebagai penyumbang GDP sebanyak 74%.
Indonesia memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk dikembangkan baik dari sektor pertambangan, pertanian, industri jasa, UMKM dan lain sebagainya yang berkembang cukup pesat dalam 10 tahun terakhir. Menurut Mc Kinsey (2012) Indonesia memiliki kesempatan pasar dalam bidang consumer services, pertanian dan perikanan, sumber daya, dan pendidikan sebanyak 0,5 Triliun Dollar.
Masih menurut Mc Kinsey (2012), pada tahun 2030 Indonesia diproyeksikan akan menduduki peringkat ke 7 negara dengan perekonomian terbesar di dunia dengan peningkatan kelas konsumen menjadi sebanyak 135 juta. Sementara untuk GDP, sebanyaj 71% populasi dalam kota akan menyumbang 86% dari total GDP Indonesia dan peningkatan kesempatan pasar menjadi 1,8 Triliun Dollar.
Sebagai negara agrikultur dengan suhu tropis yang luas, banyak sekali potensi pertanian yang dapat dikembangkan oleh Indonesia, didukung dengan luasnya perairan Indonesia yang juga menjadi potensi sektor perikanan. Oleh karena itu paper ini akan membahas mengenai sektor pertanian dan perikanan yang dinilai merupakan potensi terbesar yang harus dikembangkan oleh Indonesia untuk dapat terus meningkatkan pertumbuhan ekonominya.


Leave a Reply

Name (required)
E-mail (will not be published)