Cultural Environment

Kebudayaan merupakan identitas dari suatu negara yang membedakan satu negara dari negara lainnya, dimana kebudayaan di suatu negara akan mempengaruhi karakteristik penduduk, cara berinteraksi serta cara penduduk di suatu negara menjalankan kegiatan bisnis atau usahanya. Oleh karena itu cara kerja di suatu negara akan berbeda dengan cara kerja di negara lainnya. Budaya merupakan sebuah perilaku yang berkembang dalam suatu masyarakat yang mempunyai daya pengaruh yang sangat kuat bagi masyarakat tersebut sehingga dalam kehidupan mereka sehari-hari sangat dipengaruh oleh simbol-simbol kebiasaan yang merupakan hasil dari suatu kesepakatan bersama yang diyakini kebenarannya oleh semua anggota masyarakat atau organisasi tersebut.
Jepang, merupakan negara yang terkenal akan kekentalan budayanya. Baik untuk kegiatan kesehariannya, maupun untuk kegiatan perekonomiannya.Budaya Jepang masih menjadi contoh dan teladan tentang bagaimana pengaruh budaya yang sangat kuat pada kehidupan sehari-hari masyarakat yang ada didalamnya. Sebagai contoh, salah satu budaya orang Jepang yang sangat popular adalah ketika mereka saling bertemu maka mereka akan saling memberikan penghormatan dengan sangat dalam dengan cara membungkukkan badan sebagai tanda rasa hormat kepada tamunya tersebut. Dan budaya saling membungkuk ketika bertemu tersebut sangat baik dijaga dan dilakukan orang Jepang hingga saat ini.Sehingga menjadi sebuah hal yang sangat menarik bagi kita untuk melihat bagaimana sebuah budaya yang tumbuh dalam sebuah masyarakat modern seperti Jepang tetapi budaya yang sudah mengakar mempunyai pengaruh yang kuat dalam interaksi bisnis mereka.
Salah satu budaya kerja di Jepang adalah “Kaizen” yaitu perbaikan secara terus menerus.Contoh budaya jepang lainnya adalah 5S yaitu “Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke” atau Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin.Kedua contoh budaya tersebut merupakan budaya kerja Jepang yang banyak diterapkan pada usaha di berbagai belahan dunia. Makalah ini akan membahas mengenai budaya kerja di jepang serta bagaimana budaya tersebut diterapkan.


Leave a Reply

Name (required)
E-mail (will not be published)