Social Environment

Perkembangan suatu industri atau bisnis tidak bisa lepas dari peranlingkungan sekitarnya, baik dari segi demografi, sosial, politik, pemerintahan, teknologi, dan lain sebagainya. Lingkungan esternal yang ada akan mengarahan suatu bisnis, apakah dapat bertahan atau tidak, oleh karena itu manajemen perlu memahami dan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan sekitar untuk membuat keputusan yang tepat.
Salah satu faktor yang menentukan keberlangsungan suatu bisnis adalah lingkungan sosial tempat industri tersebut berdiri.Lingkungan sosial merupakan kondisi yang dapat mendukung atau menghambat aktivitas bisnis. Lingkungan sosial dan lingkungan bisnis merupakan kesatuan yang tidak dipisahkan dan saling menguntungkan satu sama lain, di satu sisi unit bisnis menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, dan masyarakat bergantung pada produk tersebut. Hubungan timbal balik lainnya adalah, unit bisnis menyediakan lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Studi mengenai lingkungan sosial perlu dipelajari oleh manajeman karena bisnis berada dalam lingkungan dan terdapat hubungan dalam banyak tingkatan seperti antara pemilik, pelanggan, suppliers, karyawan, pemerintahan dan masyarakat sebagai stakeholder.Oleh karena itu suatu bisnis harus melakukan interaksi dan hubungan timbal balik yang seimbang dengan lingkungan sekitarnya.
Makalah ini akan membahas mengenai keberlangsungan dan interaksi suatu bisnis dengan lingkungan sosialnya. Objek yang akan dijadikan contoh adalah The Body Shop, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri kosmetika yang memang dikenal peduli dengan lingkungan alam serta lingkungan sosial yang melingkupi bisnisnya.


Leave a Reply

Name (required)
E-mail (will not be published)