Regional Economy Environment

Desentralisasi yang diterapkan oleh Indonesia semenjak tahun 2001 merupakan suatu usaha yang dilakukan pemerintah untuk dapat mengembangkan kreativitas di setiap daerah yang ada di Indonesia agar dapat meningkatkan perekonomian daerah tersebut. Dengan adanya otonomi daerah diharapkan setiap daerah dapat berkembang dengan merata tanpa mengharapkan bantuan dari pemerintah pusat, karena setiap daerah diberi keleluasaan dan kewenangan untuk mengatur dan mengembangkan daerahnya masing-masing.
Peraturan yang ada di setiap daerah mungkin berbeda dengan daerah lainnya, tergantung kebijakan dari pemerintah daerahnya. Oleh karena itu setiap usaha yang ingin didirikan di suatu daerah perlu memperhatikan dan mempelajari aturan-aturan dari pemerintah daerah agar tidak ada hambatan yang terjadi pada usahanya.
Makalah ini akan membahas mengenai peraturan daerah di Daerah Khusus Ibukota Jakarta mengenai Ketertiban Umum dan bagaimana kaitannya dengan suatu unit bisnis dilihat dari ancaman dan peluang yang mungkin ditimbulkan dari peraturan tersebut serta bagaimana strategi perusahaan atau unit bisnis dan pemerintah dalam menghadapi ancaman dan memaksimalkan peluang yang ada.
Topik tersebut diambil karena sebagai daerah dimana perekonomiannya sangat maju dan menjadi tempat dimana pemerintahan pusat berada, seringkali unit bisnis atau usaha yang biasanya merupakan usaha kecil dan menengah, mendirikan usaha nya tanpa izin dan seringkali mengganggu ketertiban umum. Sehingga perlu dipelajari lebih lanjut dari sisi pengusaha dan pemerintah, bagaimana usaha tersebut bisa bertahan meskipun telah ada Undang-Undang yang mengatur mengenai ketertiban umum.


Leave a Reply

Name (required)
E-mail (will not be published)