Natural Environment

Dewasa ini, isu mengenai lingkungan menjadi topik yang banyak diperbincangkan para pelaku usaha.Seiring dengan semakin meningkatnya isu Global Warming yang semakin krusial, maka pertanggungjawaban perusahaan atau unit bisnis terhadap lingkungan di sekitarnya pun menjadi semakin tinggi.
Untuk memproduksi barang atau jasa, suatu industri kadang harus mengorbankan kondisi lingkungan sekitarnya, misalnya asap industri, bahan mentah produksi, limbah industri, lahan tempat suatu industri dibangun, dan lain sebagainya. Seiring dengan menignkatnya isu lingkungan, maka suatu industri atau unit bisnis harus dapat mempertanggungjawabkan apa yang dikorbankan untuk memproduksi barang atau jasanya terhadap lingkungan sekitarnya.
Jika suatu perusahaan mengorbankan lingkungan sekitar industri terlalu banyak, maka keadaan tersebut dapat mengancam ekosistem yang ada di sekitar kawasan industri tersebut.Gangguan ekosistem bukan hanya dapat merugikan lingkungan sekitar, tetapi juga dapat mengancam ekosistem lainnya. Seperti misalnya, polusi udara, saat udara tercemar, maka akan terjadi pencemaran di udara termasuk di awan, pencemaran udara yang ada di awan akan menghasilkan hujan asam yang menyebabkan pencemaran terhadap air yang menjadi salah satu sumber kehidupan sehingga habitat lain yang bergantung pada air akan terganggu.
Pencemaran terhadap lingkungan penting di perhatikan karena ekosistem yang ada di bumi saling terkait satu sama lainnya sehingga jika ada salah satu yang rusak maka rantai lainnya juga akan ikut terganggu.
Makalah ini dibuat untuk melihat keterkaitan dan hubungan timbal balik antara suatu industri dengan lingkungan sekitarnya, objek industri yang akan dibahas pada makalah ini adalah industri kosmetik The Body Shop yang berkomitmen dan mengusung isu ramah lingkungan reduce, reuse dan recycle pada produknya.


Leave a Reply

Name (required)
E-mail (will not be published)