International Politics Environment

1. Untuk menciptakan Global Business Environment yang baik, maka suatu negara harus memiliki sifat Open to International Economic, yaitu tidak menutup diri terhadap perekonomian dari dunia luar. Jika suatu negara menutup diri seperti misalnya Korea Utara, maka perekonomiannya tidak akan berkembang.

2. Keterbukaan terhadap ekonomi internasional jika tidak dikelola dan diatur dengan baik juga akan menimbulkan hal negatif seperti penurunan social welfare, tekanan pada kebijakan fiskal dan sosial, dan lain sebagainya. Hal ini dikenal dengan istilah “Race to the Bottom”

3. Dengan menjadi Country of Origin from Multinational Companies maka suatu negara dapat menciptakan Global Business Environment yang baik, caranya adalah dengan meningkatkan kualitas SDM, produksi, dan infrastruktur agar investor asing mau menanamkan modal usahanya di Indonesia.

4. Ciri-ciri terakhir dari Global Business Environment yang baik adalah dengan menciptakan Global Business Environment yang aktif, caranya adalah dengan mengidentifikasi SWOT yang dimiliki suatu negara dan memanfaatkan peluang yang ada dan meningkatkan kualitas industri dalam negeri agar dapat mengurangi impor dari negara luar.

5. Suatu negara harus bisa melakukan Industrial Upgrading dengan cara meningkatkan industri kecil yang hanya menghasilkan bahan mentah menjadi industri berat yang memproses bahan mentah yang dihasilkan menjadi barang jadi atau setengah jadi sehingga dapat menambah nilai dari barang yang diproduksi.


Leave a Reply

Name (required)
E-mail (will not be published)