MP4VID News


Social Environment
January 21th, 2015

Perkembangan suatu industri atau bisnis tidak bisa lepas dari peranlingkungan sekitarnya, baik dari segi demografi, sosial, politik, pemerintahan, teknologi, dan lain sebagainya. Lingkungan esternal yang ada akan mengarahan suatu bisnis, apakah dapat bertahan atau tidak, oleh karena itu manajemen perlu memahami dan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan sekitar untuk membuat keputusan yang tepat.
Salah satu faktor yang menentukan keberlangsungan suatu bisnis adalah lingkungan sosial tempat industri tersebut berdiri.Lingkungan sosial merupakan kondisi yang dapat mendukung atau menghambat aktivitas bisnis. Lingkungan sosial dan lingkungan bisnis merupakan kesatuan yang tidak dipisahkan dan saling menguntungkan satu sama lain, di satu sisi unit bisnis menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat, dan masyarakat bergantung pada produk tersebut. Hubungan timbal balik lainnya adalah, unit bisnis menyediakan lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Studi mengenai lingkungan sosial perlu dipelajari oleh manajeman karena bisnis berada dalam lingkungan dan terdapat hubungan dalam banyak tingkatan seperti antara pemilik, pelanggan, suppliers, karyawan, pemerintahan dan masyarakat sebagai stakeholder.Oleh karena itu suatu bisnis harus melakukan interaksi dan hubungan timbal balik yang seimbang dengan lingkungan sekitarnya.
Makalah ini akan membahas mengenai keberlangsungan dan interaksi suatu bisnis dengan lingkungan sosialnya. Objek yang akan dijadikan contoh adalah The Body Shop, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri kosmetika yang memang dikenal peduli dengan lingkungan alam serta lingkungan sosial yang melingkupi bisnisnya.

0 comments

Regional Economy Environment
January 21th, 2015

Desentralisasi yang diterapkan oleh Indonesia semenjak tahun 2001 merupakan suatu usaha yang dilakukan pemerintah untuk dapat mengembangkan kreativitas di setiap daerah yang ada di Indonesia agar dapat meningkatkan perekonomian daerah tersebut. Dengan adanya otonomi daerah diharapkan setiap daerah dapat berkembang dengan merata tanpa mengharapkan bantuan dari pemerintah pusat, karena setiap daerah diberi keleluasaan dan kewenangan untuk mengatur dan mengembangkan daerahnya masing-masing.
Peraturan yang ada di setiap daerah mungkin berbeda dengan daerah lainnya, tergantung kebijakan dari pemerintah daerahnya. Oleh karena itu setiap usaha yang ingin didirikan di suatu daerah perlu memperhatikan dan mempelajari aturan-aturan dari pemerintah daerah agar tidak ada hambatan yang terjadi pada usahanya.
Makalah ini akan membahas mengenai peraturan daerah di Daerah Khusus Ibukota Jakarta mengenai Ketertiban Umum dan bagaimana kaitannya dengan suatu unit bisnis dilihat dari ancaman dan peluang yang mungkin ditimbulkan dari peraturan tersebut serta bagaimana strategi perusahaan atau unit bisnis dan pemerintah dalam menghadapi ancaman dan memaksimalkan peluang yang ada.
Topik tersebut diambil karena sebagai daerah dimana perekonomiannya sangat maju dan menjadi tempat dimana pemerintahan pusat berada, seringkali unit bisnis atau usaha yang biasanya merupakan usaha kecil dan menengah, mendirikan usaha nya tanpa izin dan seringkali mengganggu ketertiban umum. Sehingga perlu dipelajari lebih lanjut dari sisi pengusaha dan pemerintah, bagaimana usaha tersebut bisa bertahan meskipun telah ada Undang-Undang yang mengatur mengenai ketertiban umum.

0 comments

Processing Technology Environment
January 21th, 2015

Teknologi merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam perkembangan suatu usaha, karena dari sisi eksternal perusahaan, teknologi dan perkembangannya akan memberikan dampak baik yang positif maupun negatif bagi suatu usaha.
Seiring dengan perkembangan zaman, isu mengenai teknologi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh seluruh lapisan masyarakat karena teknologi telah menjadi hal yang sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat. Dengan adanya perkembangan teknologi, segala hal yang dikaitkan dengan teknologi dapat mempermudah pekerjaan manusia. Contohnya adalah teknologi yang digunakan pada pabrik, dengan adanya teknologi mesin maka pekerjaan buruh menjadi lebih singkat sehingga efisiensi waktu dan tenaga bisa didapatkan.
Perkembangan teknologi lainnya yang membawa banyak manfaat bagi masyarakat adalah perkembangan teknologi transportasi, transportasi merupakan hal yang dibutuhkan oleh setiap orang sehingga perkembangan teknologi di bidang transportasi akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat.
Seringkali suatu bisnis memerlukan alat transportasi untuk menghubungkan satu daerah dengan daerah lain, misalkan untuk pengiriman barang, alat transportasi yang sesuai dan memadai sangat dibutuhkan terutama untuk pengiriman barang yang tidak tahan lama seperti makanan, alternatif alat transportasi sangat dibutuhkan untuk masalah tersebut karena jangka waktu pengiriman akan mempengaruhi kualitas produk. Dengan adanya perkembangan teknologi transportasi, jarak bukan lagi menjadi masalah dan setiap bagian yang ada di dunia bisa dihubungkan dengan alat transportasi baik itu mobil. pesawat, kapal laut ataupun kereta api.
Makalah ini akan membahas mengenai perkembangan alat transportasi kereta api, dimana saat ini kereta api tidak hanya menghubungkan satu daerah dengan lainnya tetapi juga dapat menghubungkan satu Negara dengan Negara lainnya serta fungsinya terhadap perkembangan suatu usaha.

0 comments

Natural Environment
January 21th, 2015

Dewasa ini, isu mengenai lingkungan menjadi topik yang banyak diperbincangkan para pelaku usaha.Seiring dengan semakin meningkatnya isu Global Warming yang semakin krusial, maka pertanggungjawaban perusahaan atau unit bisnis terhadap lingkungan di sekitarnya pun menjadi semakin tinggi.
Untuk memproduksi barang atau jasa, suatu industri kadang harus mengorbankan kondisi lingkungan sekitarnya, misalnya asap industri, bahan mentah produksi, limbah industri, lahan tempat suatu industri dibangun, dan lain sebagainya. Seiring dengan menignkatnya isu lingkungan, maka suatu industri atau unit bisnis harus dapat mempertanggungjawabkan apa yang dikorbankan untuk memproduksi barang atau jasanya terhadap lingkungan sekitarnya.
Jika suatu perusahaan mengorbankan lingkungan sekitar industri terlalu banyak, maka keadaan tersebut dapat mengancam ekosistem yang ada di sekitar kawasan industri tersebut.Gangguan ekosistem bukan hanya dapat merugikan lingkungan sekitar, tetapi juga dapat mengancam ekosistem lainnya. Seperti misalnya, polusi udara, saat udara tercemar, maka akan terjadi pencemaran di udara termasuk di awan, pencemaran udara yang ada di awan akan menghasilkan hujan asam yang menyebabkan pencemaran terhadap air yang menjadi salah satu sumber kehidupan sehingga habitat lain yang bergantung pada air akan terganggu.
Pencemaran terhadap lingkungan penting di perhatikan karena ekosistem yang ada di bumi saling terkait satu sama lainnya sehingga jika ada salah satu yang rusak maka rantai lainnya juga akan ikut terganggu.
Makalah ini dibuat untuk melihat keterkaitan dan hubungan timbal balik antara suatu industri dengan lingkungan sekitarnya, objek industri yang akan dibahas pada makalah ini adalah industri kosmetik The Body Shop yang berkomitmen dan mengusung isu ramah lingkungan reduce, reuse dan recycle pada produknya.

0 comments

Monetary and Fiscal Policy Environment
January 21th, 2015

Pembangunan ekonomi merupakan isu yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap penduduk di suatu negara, karena dengan adanya pembangunan ekonomi maka diharapkan akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang berarti akan ada peningkatan pendapatan negara juga pendapatan per kapita.
Dengan adanya pembangunan ekonomi di suatu negara maka lapangan pekerjaan juga akan semakin terbuka luas yang juga berarti aka nada perbaikan kualitas hidup masyarakat di negara tersebut.
Kestabilan perekonomian suatu negara sangat didambakan oleh semua elemen pendukung perekonomian suatu negara.Perekonomian yang stabil dapat menekan laju inflasi dan menyeimbangkan peredaran jumlah uang di masyarakat.Selain itu, perekonomian yang stabil dapat mendukung kinerja dan produktivitas usaha dan bisnis sehingga menciptakan lapangan kerja baru dan dapat menekan tingkat pengangguran.Salah satu parameter yang dapat mengukur kestabilan perekonomian yakni dengan melihat kinerja dari stabilitas makroekonomi diantaranya suku bunga, jumlah uang yang beredar, inflasi, nilai tukar, dan pengangguran.
Perkembangan dan pembangunan ekonomi tidak dapat dipisahkan dari tingkat inflasi.Tingkat inflasi di suatu negara merupakan suatu indikator keberhasilan perekonomian suatu negara. Oleh karena itu tingkat inflasi akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi suatu negara.
Upaya untuk menstabilkan perekonomian dapat dicapai melalui kebijakan fiskal ataupun kebijakan moneter. Kebijakan fiskal dilakukan pemerintah melalui instrumen pajak dan pengeluaran pemerintah. Sedangkan kebijakan moneter dilakukan oleh Bank Indonesia (BI). BI sebagai lembaga otoritas moneter melakukan stabilisasi melalui instrumen suku bunga SBI, dimana penetapan SBI dilakukan untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar.
Industri pariwisata merupakan industri yang sangat potensial bagi Indonesia, oleh karena itu makalah ini akan membahas mengenai pengaruh inflasi dan kebijakan moneter serta fiskal terhadap pertumbuhan ekonomi terutama di sektor pariwisata.

0 comments

International Politics Environment
January 21th, 2015

1. Untuk menciptakan Global Business Environment yang baik, maka suatu negara harus memiliki sifat Open to International Economic, yaitu tidak menutup diri terhadap perekonomian dari dunia luar. Jika suatu negara menutup diri seperti misalnya Korea Utara, maka perekonomiannya tidak akan berkembang.

2. Keterbukaan terhadap ekonomi internasional jika tidak dikelola dan diatur dengan baik juga akan menimbulkan hal negatif seperti penurunan social welfare, tekanan pada kebijakan fiskal dan sosial, dan lain sebagainya. Hal ini dikenal dengan istilah “Race to the Bottom”

3. Dengan menjadi Country of Origin from Multinational Companies maka suatu negara dapat menciptakan Global Business Environment yang baik, caranya adalah dengan meningkatkan kualitas SDM, produksi, dan infrastruktur agar investor asing mau menanamkan modal usahanya di Indonesia.

4. Ciri-ciri terakhir dari Global Business Environment yang baik adalah dengan menciptakan Global Business Environment yang aktif, caranya adalah dengan mengidentifikasi SWOT yang dimiliki suatu negara dan memanfaatkan peluang yang ada dan meningkatkan kualitas industri dalam negeri agar dapat mengurangi impor dari negara luar.

5. Suatu negara harus bisa melakukan Industrial Upgrading dengan cara meningkatkan industri kecil yang hanya menghasilkan bahan mentah menjadi industri berat yang memproses bahan mentah yang dihasilkan menjadi barang jadi atau setengah jadi sehingga dapat menambah nilai dari barang yang diproduksi.

0 comments

Industrial and Sectoral Envinronment
January 21th, 2015

Indonesia saat ini merupakan Negara berkembang yang menempati peringkat ke 10 dari 20 Negara berkembang terbaik untuk tujuan investasi dengan Proyeksi pertumbuhan PDB dalam 5 tahun kedepan mencapai 31,3%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 6,23% di tahun 2012 dimana pada saat yang bersamaan terjadi krisis di Amerika dan Eropa menjadi bukti bahwa perkembangan perekonomian Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Indonesia menjadi satu diantara sedikit negara yang tidak terpengaruh oleh krisis yang terjadi di Amerika dan Eropa menjadikan pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih stabil dari tahun ke tahun.
Menurut laporan Mc Kinsey (2012), Indonesia menempati posisi ke16 negara dengan perekonomian terbesar di dunia dengan 45 juta anggota konsumsi dunia dan 53% populasi penduduk kota sebagai penyumbang GDP sebanyak 74%.
Indonesia memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk dikembangkan baik dari sektor pertambangan, pertanian, industri jasa, UMKM dan lain sebagainya yang berkembang cukup pesat dalam 10 tahun terakhir. Menurut Mc Kinsey (2012) Indonesia memiliki kesempatan pasar dalam bidang consumer services, pertanian dan perikanan, sumber daya, dan pendidikan sebanyak 0,5 Triliun Dollar.
Masih menurut Mc Kinsey (2012), pada tahun 2030 Indonesia diproyeksikan akan menduduki peringkat ke 7 negara dengan perekonomian terbesar di dunia dengan peningkatan kelas konsumen menjadi sebanyak 135 juta. Sementara untuk GDP, sebanyaj 71% populasi dalam kota akan menyumbang 86% dari total GDP Indonesia dan peningkatan kesempatan pasar menjadi 1,8 Triliun Dollar.
Sebagai negara agrikultur dengan suhu tropis yang luas, banyak sekali potensi pertanian yang dapat dikembangkan oleh Indonesia, didukung dengan luasnya perairan Indonesia yang juga menjadi potensi sektor perikanan. Oleh karena itu paper ini akan membahas mengenai sektor pertanian dan perikanan yang dinilai merupakan potensi terbesar yang harus dikembangkan oleh Indonesia untuk dapat terus meningkatkan pertumbuhan ekonominya.

0 comments

Govermental Environment
January 21th, 2015

Di era serba teknologi saat ini, penggunaan internet merupakan suatu hal yang sangat umum dijumpai, baik untuk sekedar mencari informasi maupun untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Saat ini bisnis informasi apapun bisa dengan cepat di dapatkan melalui internet, dan pemasaran melalui internet pun menjadi semakin mudah sehingga persaingan antar usaha semakin besar.
Peningkatan persaingan bisa dilihat dari semakin banyaknya situ jual beli yang beraneka ragam, baik yang menawarkan produk ataupun jasa. Seiring dengan banyaknya situs jual beli, maka kebutuhan akan fasilitas pembayaran untuk bertransaksi di situs jual beli online pun semakin meningkat. Para penjual dan pembeli membutuhkan media pembayaran yang dapat memfasilitasi transaksi yang terjadi di dunia online. Selain itu, dengan banyaknya situs jual beli yang berkembang di Indonesia maka tingkat fraud yang terjadi di dunia online pun meningkat, karena pembeli tidak dapat bertatap muka langsung dengan penjualnya dan begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu dibutuhkan juga peraturan pemerintah yang mengatur mengenai transaksi online.
Makalah ini akan membahas mengenai Undang-Undang mengenai Transaksi Elektronik dan bagaimana penerapannya dalam kegiatan usaha online.

0 comments

Economic Developement
January 21th, 2015

Pembangunan ekonomi merupakan isu yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap penduduk di suatu negara, karena dengan adanya pembangunan ekonomi maka diharapkan akan terjadi pertumbuhan ekonomi yang berarti akan ada peningkatan pendapatan negara juga pendapatan per kapita.
Dengan adanya pembangunan ekonomi di suatu negara maka lapangan pekerjaan juga akan semakin terbuka luas yang juga berarti aka nada perbaikan kualitas hidup masyarakat di negara tersebut.
Berbeda dengan pertumbuhan ekonomi, ruang lingkup dari pembangunan ekonomi lebih luas, karena pembangunan ekonomi bukan hanya berarti terdapat peningkatan pendapatan, tetapi juga berarti proses perbaikan suatu negara menyangkut tingkat pertumbuhan penduduk serta perbaikan di segala bidang termasuk di sistem institusi yang mengatur suatu negara serta perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input pada berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, sosial dan teknik.
Makalah ini akan membahas mengenai pembangunan ekonomi di Indonesia serta dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia

0 comments

Domestic and Political Environment
January 21th, 2015

Politik adalah kegiatan dalam suatu sistem pembangunan negara melalui pembagian-pembagian kekuasan atau pendapatan untuk mencapai tujuan yang telah di sepakati dan bagaimana cara untuk mencapaitujuan tersebut. Kancah dunia politik di Indonesia sangat berpengaruh besar terhadap kemajuan ekonomi bangsa ini.
Keadaan politik di suatu negara juga sangat mempengaruhi dunia bisnis, karena kebijakan-kebijakan pemerintah akan menentukan cara suatu bisnis berjalan. Oleh karena itu politik menjadi salah satu lingkungan yang mempengaruhi lingkungan bisnis.
Dalam berbisnis sangatlah penting mempertimbangkan risiko politik dan pengaruhnya terhadap organisasi.Hal ini patut dipertimbangkan karena perubahan dalam suatu tindakan maupun kebijakan politik di suatu negara dapat menimbulkan dampak besar pada sektor keuangan dan perekonomian negara tersebut.Risiko politik umumnya berkaitan erat dengan pemerintahan serta situasi politik dan keamanan di suatu negara.
Setiap tindakan dalam organisasi bisnis adalah politik, kecuali organisasi sosial.Faktor-faktor tersebut menentukan kelancaran berlangsungnya suatu bisnis. Oleh karena itu, jika situasi politik mendukung, maka bisnis secara umum akan berjalan dengan lancar. Dari segi pasar saham, situasi politik yang kondusif akan membuat harga saham naik. Sebaliknya, jika situasi politik tidak menentu, maka akan menimbulkan unsur ketidakpastian dalam bisnis.
Industri Pariwisata merupakan industri yang sangat berkembang di Indonesia.Indonesia memiliki banyak potensi wisata yang menyebabkan tinggi nya minat wisatawan untuk datang ke Indonesia.
Makalah ini akan membahas mengenai politik dalam negeri dan pengaruhnya terhadap industri pariwisata di Indonesia.

0 comments

Demographic Environment
January 21th, 2015

Perkembangan ekonomi di Indonesia dewasa ini meningkat pesat, tidak hanya untuk industri besar tetapi juga untuk industri kecil dan menengah.Hal ini disebabkan oleh semakin baiknya struktur ekonomi Indonesia serta perbaikan di segala aspek yang dapat menyokong perekonomian Negara.
Perkembangan perekonomian Indonesia tidak dapat dipisahkan dengan factor demografi Indonesia.Lingkungan bisnis yang ada pada sekitar industri berada sangat menentukan perkembangan suatu bisnis atau industri. Faktor-faktor demografi seperti pertumbbuhan penduduk (populasi), umur, tingkat pendidikan dan lain sebagai nya merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan bisnis. Contohnya adalah perkembangan populasi di daerah utama seperi Jakarta, pertumbuhan populasi yang begitu besar menjadikan Jakarta sebagai pusat perekonomian Indonesia, dan hal ini berpengaruh terhadap perkembangan bisnis di Jakarta. Perkembangan infrastruktur di Jakarta sangat jauh berbeda denga perkembangan infrastruktur di luar Jakarta, terutama di luar pulau Jawa.Hal ini terjadi karena populasi yang tinggi membuat penduduk Jakarta berlomba untuk mendirikan bisnis yang menjanjikan keuntungan karena tinggi nya demand.
Faktor demografi tidak hanya berperan sebagai hal yang mempengaruhi keberlangsungan suatu bisnis, tetapi juga dapat berperan sebagai hal yang dipengaruhi oleh kegiatan usaha yang ada di sekitarnya. Contoh nyata yang dapat diberikan adalah, pada kota-kota besar dimana kegiatan bisnis berlangsung, akan menyebabkan pertumbuhan penduduk meningkat. Hal ini disebabkan oleh tingginya angka migrasi ke daerah berkembang, manusia cenderung mencari tempat yang mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dengan harapan mencari penghidupan yang lebih baik. Penduduk berlomba untuk mencari daerah dimana tingkat pertumbuhan ekonominya tinggi dan menggantungkan kehidupannya di kota tersebut.
Salah satu industri yang sedang berkembang sangat pesat di Indonesia adalah bisnis online..Industri media yang berbasis menjadi semakin banyak diminati seiring dengan semakin berkembangnya teknologi internet. Sebuah informasi dengan cepatnya dapat tersebar melalui media berbasis internet yang sangat banyak ditemukan di dunia maya. Perusahaan yang bergerak di bidang media online pun semakin berjamur dan menawarkan jenis media yang semakin beragam dengan fitur-fitur yang sangat menarik.
Selain itu perkembangan bisnis online di Indonesia menigkat karena biaya yang harus dikeluarkan untuk mendirikan bisnis ini relative lebih kecil dibandingkan dengan membangun bisnis dalam bentuk fisik (toko). Selain itu pertumbuhan tingkat pendidikan serta perbaikan infrastruktur internet semakin berkembang, sehingga kemudahan untuk mendirikan bisnis online dan transaksi online menjadi jauh lebih mudah.
Makalah ini akan membahas mengenai pertumbuhan bisnis online di Indonesia serta faktor-faktor demografi apa yang mendukung pertumbuhan situs online dan faktor apa yang mungkin mengancam .Objek yang akan digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah situs online dan forum terbesar di Indonesia yaitu www.kaskus.co.id .

0 comments

Cultural Environment
January 21th, 2015

Kebudayaan merupakan identitas dari suatu negara yang membedakan satu negara dari negara lainnya, dimana kebudayaan di suatu negara akan mempengaruhi karakteristik penduduk, cara berinteraksi serta cara penduduk di suatu negara menjalankan kegiatan bisnis atau usahanya. Oleh karena itu cara kerja di suatu negara akan berbeda dengan cara kerja di negara lainnya. Budaya merupakan sebuah perilaku yang berkembang dalam suatu masyarakat yang mempunyai daya pengaruh yang sangat kuat bagi masyarakat tersebut sehingga dalam kehidupan mereka sehari-hari sangat dipengaruh oleh simbol-simbol kebiasaan yang merupakan hasil dari suatu kesepakatan bersama yang diyakini kebenarannya oleh semua anggota masyarakat atau organisasi tersebut.
Jepang, merupakan negara yang terkenal akan kekentalan budayanya. Baik untuk kegiatan kesehariannya, maupun untuk kegiatan perekonomiannya.Budaya Jepang masih menjadi contoh dan teladan tentang bagaimana pengaruh budaya yang sangat kuat pada kehidupan sehari-hari masyarakat yang ada didalamnya. Sebagai contoh, salah satu budaya orang Jepang yang sangat popular adalah ketika mereka saling bertemu maka mereka akan saling memberikan penghormatan dengan sangat dalam dengan cara membungkukkan badan sebagai tanda rasa hormat kepada tamunya tersebut. Dan budaya saling membungkuk ketika bertemu tersebut sangat baik dijaga dan dilakukan orang Jepang hingga saat ini.Sehingga menjadi sebuah hal yang sangat menarik bagi kita untuk melihat bagaimana sebuah budaya yang tumbuh dalam sebuah masyarakat modern seperti Jepang tetapi budaya yang sudah mengakar mempunyai pengaruh yang kuat dalam interaksi bisnis mereka.
Salah satu budaya kerja di Jepang adalah “Kaizen” yaitu perbaikan secara terus menerus.Contoh budaya jepang lainnya adalah 5S yaitu “Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke” atau Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin.Kedua contoh budaya tersebut merupakan budaya kerja Jepang yang banyak diterapkan pada usaha di berbagai belahan dunia. Makalah ini akan membahas mengenai budaya kerja di jepang serta bagaimana budaya tersebut diterapkan.

0 comments

Pendekatan Norwegia dalam Kebijakan Moneter
January 21th, 2015

Norges Bank/Noregs Bank adalah bank sentral di Norwegia. selain memiliki tanggung jawab sebagai bank sentral seperti stabilitas keuangan dan stabilitas harga, juga mengelola dana pensiun pemerintah norwegia. semua tugas diberikan oleh Raja Harald V, setelah keputusan oleh dewan Negara. Ketua Dewan Eksekutif, Øystein Olsen, yang memimpin Bank, juga bertindak sebagai Gubernur Bank Sentral. Baik Gubernur dan Wakil Gubernur tampil di seluruh kota pada beberapa kesempatan setiap tahun. Pasukan keamanan bank adalah satu-satunya pasukan keamanan non-militer di Norwegia, termasuk kepolisian, yang secara permanen dipersenjatai dengan senjata api.
Tujuan dari kebijakan moneter yang dilakukan oleh Norges Bank adalah menjaga inflasi yang rendah dan stabil. Target operasional dari kebijakan moneter didefinisikan secara eksplisit dalam tingkat inflasi harga konsumen sekitar 2,5 persen dari waktu ke waktu. Norges Bank menetapkan instrumen suku bunga dengan maksud untuk mencapai sasaran inflasi dalam rentang dua tahun, dan biasanya akan mentolerir penyimpangan dari inflasi aktual dari target yang tidak lebih dari plus atau minus 1 persen. Secara umum, efek langsung pada harga konsumen akibat perubahan suku bunga, pajak, bea cukai, dan keadaan sementara yang tak biasa tidak akan diperhitungkan.

Sasaran inflasi diperkenalkan pada Maret 2001, setelah tradisi yang panjang dari penargetan nilai tukar. Setelah meninggalkan rezim suku bunga tetap pada tahun 1992, Norges Bank melakukan managed float dari krone, dengan tidak ada ketentuan eksplisit tingkat dan fluktuasi margin pusat. Norges Bank tidak memiliki kewajiban untuk campur tangan dalam pasar valuta asing, tetapi, dalam hal perubahan signifikan dalam nilai tukar, Bank akan mengarahkan instrumen dengan tujuan untuk mengembalikan nilai tukar dari waktu ke waktu ke rentang awal. Dalam prakteknya, ini berarti bahwa Norges Bank melakukan kebijakan moneter dengan tujuan membawa inflasi ke tingkat mitra dagang Eropa lainnya. Dengan demikian, kepindahannya ke target inflasi secara eksplisit tidak membawa perubahan signifikan dalam pelaksanaan kebijakan moneter.

0 comments

Tips sebelum berinvestasi
January 21th, 2015

1. Tentukan besarnya modal dan waktu yang anda punya.
pilihlah bank dimana tempat anda menyinpan uang dimana anda bisa mengakses bank itu kapan saja. seberapa banyak uang anda akan simpan di bank dan sebenarapa banyak yang yang anda ingin investasikan ?
2. Memahami tipe dari investasi
Kita perlu mempertimbangkan apakah perlu bagi kita untuk berinvestasi
Pahami pilihan yang tersedia serta resiko yang ada
Pantau performanya
Putuskan kapan waktu yang tepat untuk menjual investasi
3. Memilih produk investasi yang cocok
Kita perlu mendiskusikan risiko yang akan terjadi dengan pihak lain termasuk keluarga karena kita harus benar-benar memahami berapa risiko yang siap kita tanggung, bisa saja kita kehilangan seluruh uang kita dan mempengaruhi posisi keuangan kita. Kita harus memperhatikan dan memahami cara kerja produk investasi dan faktor-faktor apa sajakah yang bisa menyebabkan kerugian.
4. Pelajari pilihan investasi yang ada
Dapatkan informasi yang cukup saat kita memutuskan untuk berinvestasi pada suatu produk. Kita perlu membandingkan produk tersebut dengan penerbit yang lain
5. Aturlah cara bagaimana mengelola investasi kita
Susunlah rencana untuk memonitor nilai dari investasi kita. Tentukan batasnya apakah akan langsung menjual atau sebaliknya.

0 comments

BUSINESS PLAN - WAROENG TAKOYAKI & POFFERTJES ALA BANDOENG
January 21th, 2015

Latar Belakang
Takoyaki dan poffertjes adalah makanan yang hampir dikenal oleh semua orang. Takoyaki berasal dari Jepang dan Pofferjes dari Belanda. Rasa dari kedua makanan ini cocok dengan lidah masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta, terbukti dari larisnya penjualan makanan-makanan tersebut yang sudah dijual oleh beberapa merek-merek bisnis makanan di Indonesia.Berbeda dengan takoyaki dan poffertjes pada umumnya, Waroeng Takoyaki & Poffertjes ala Bandoeng akan menyajikan variasi rasa dari takoyaki dan poffertjes yang dijual.

Manajemen Bisnis
Segmen pasar yang dipilih dalam usaha ini adalah masyarakat menengah ke bawah, terutama kalangan mahasiswa. Competitive advantage dalam usaha ini adalah differentiation yang merupakan usaha yang berbeda dari jenis usaha makanan lainnya yang sejenis. Untuk awal, usaha ini akan dijadikan usaha perorangan maupun kerjasama dan untuk selanjutnya akan dikembangkan sebagai franchise.

Deskripsi Sektor Industri
Sektor usaha “waroeng takoyaki & poffertjes ala bandoeng” adalah usaha industri kecil dengan pegawai 2 orang. Bidang usaha makanan merupakan bidang usaha yang sangat berkembang, terutama di kota Bandung yang dikenal sebagai “Kota Wisata Kuliner”. Oleh karena itu, dengan melihat latar belakang kota Bandung dan potensi pasar yang luas maka bisnis ini bisa dikatakan sebagai bisnis dengan prospek yang baik.Adapun faktor yang mempengaruhi berkembang atau tidaknya bisnis ini adalah sebagai berikut :
a. Munculnya kompetitor baru di usaha yang sejenis, karena usaha ini termasuk usaha yang mudah untuk ditiru.
b. Lokasi menjadi faktor krusial yang menentukan bisnis ini berkembang atau tidak.
c. Promosi yang menarik untuk menarik mahasiswa menjadi pelanggan di ‘waroeng takoyaki & poffertjes ala bandoeng’
d. Pelayanan yang ramah dan jujur. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan sebagai media promosi karena promosi yang baik adalah melalui mulut ke mulut, jika pelanggan puas dengan produk dan pelayanannya maka cenderung akan mengajak relasi yang lain.

0 comments